METODE PEMBELAJARAN BAHASA ARAB
Makalah ini diajukan untuk memenuhi tugas UAS Teknologiyah Ta’lim
al Lughoh al Arabiyah
NAMA : FARIHATUN NI’MAH
NIM : D02211031
BACA SELENGKAPNYA....
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI SURABAYA
FAKULTAS TARBIYAH
JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA ARAB
2013
PEMBAHASAN
A.
Pengertian
dan tujuan metotologi pembelajaran bahasa arab
Secara etimologi istilah metodologi berasal dari bahasa Yunani,
yakni dari kata Metodos yang berarti cara atau jalan, dan Logos
artinya ilmu. Sedangkan secara semantik, metodologi berarti ilmu pengetahuan
yang mempelajari tentang cara-cara atau jalan yang ditempuh untuk mencapai
suatu
tujuan dengan hasil yang efektif dan efisien. (Ahmad Izzan, 2009:72)
Dari beberapa pendapat diatas dapat kita simpulkan pengertian dari Metodologi
Pengajaran Bahasa Arab ialah sistem atau cara yang digunakan oleh pengajar
ketika mengajar agar pelajaran atau materi yang disampaikan mudah diterima dan
dipahami oleh peserta didik.
Departemen Agama (1975:117) menjelaskan bahwa tujuan umum pembelajaran
bahasa Arab adalah:
1.
untuk
dapat memahami al-Quran dan hadist sebagai sumber hukum ajaran Islam
2.
untuk
dapat memahami buku-buku agama dan kebudayaan islam yang ditulis dalam bahasa
Arab
3.
untuk
dapat berbicara dan mengarang dalam bahasa Arab
4.
untuk
dapat digunakan sebagai alat pembantu keahlian lain (supplementary)
5. untuk membina ahli
bahasa arab, yakni benar-benar profesion[1]
B.
Prinsip
– prinsip pengajaran Bahasa Arab
Ada
tiga prinsip dasar dalam pengajaran bahasa Arab asing, yaitu prinsip prioritas
dalam proses penyajian, prinsip koreksitas dan umpan balik, prinsip bertahap,
prinsip penghayatan, serta korelasi dan isi:
a.
Prinsip
prioritas
b.
Prinsip
korektisitas Prinsip ini diterapkan
ketika sedang mengajarkan materi (fonetik), (sintaksis), dan (semiotic).
c.
Prinsip
Berjenjang[2]
kegiatan pembelajaran bahasa arab berdasarkan kajian
psikologis adalah:
a.
Prinsip
Kesiapan
b.
Prinsip
Motivasi, para penelitian secara global membagi motivasi menjadi dua macam
yaitu :
1.
Motivasi
Tujuan
2.
Motivasi
Integral[3]
c.
Prinsip
Perhatian
d.
Prinsip
Persepsi
e.
Prinsip
Retensi
f.
Prinsip
Transfer
Selain prinsip-prisip mendasar yang diuraikan di atas, perlu
diperhatikan pula beberapa prinsip
strategis sebelum berlangsungnya kegiatan pembelajaran bahasa, agar segala
kegiatan yang akan terjadi dapat mencapai sasaran yang diharapkan, yaitu :.
a.
Memperhatikan
prioritas penyajian
b.
Memeperhatikan
Kecermatan
c.
Membentuk
Kebiasaan
d.
Penyajian
Bertahap
e.
Ciptakan
Keseimbangan
f.
Perhatikan
Kekongkritan
g.
Arahkan
Minat
h.
Perhatikan
Perkembangan dan Kemajuan
i.
Usahakan
Multi Pendapatan[4]
C.
Unsur
metode dan pengembangan pembelajaran bahasa arab
Unsur
yang mempengaruhi metode antara lain :
Seleksi,
gradasi (tahapan), presentasi, dan repetisi (pengulangan). Dan unsur lain yang
sangat mempengaruhi adalah
1.
Metode
pembelajaran kosa kata
2.
Metode
penggunaan gramatika[5]
D.
Metode
pembelajaran Bahasa Arab
Metode
pembelajaran bahasa arab Dalam blog el-kalam disebutkan terdapat beberapa
metode yang mungkin sesuai digunakan dalam proses pembelajaran bahasa Arab,
baik dikalangan pesantren maupun Madrasah-madrasah, yaitu:
1.
Metode Tematik. (Tariqah Al Maudu’iyah),
Metode tematik adalah proses pengajaran yang berasaskan satu ide pokok sebagai
tema sebelum dikembangkan pada beberapa tema yang lain. Metode Ejaan (Tariqah
Al Imla’iyah), Dalam metode ini murid disuruh untuk menulis apa yang
diberikan oleh pendidik/fasilitator , yaitu pendidik/fasilitator membacakan sebuah materi dan murid
menulisnya.
2.
Metode
tanya-jawab (Tariqah Al Munazharah), Metode tanya jawab sangat tepat
dalam konteks pembelajaran bahasa. Karena dalan metode ini semua elemen
memainkan perannya masing-masing yaitu pendidik/fasilitator dan murid. Proses pembelajaran dalam metode
ini peran pendidik/fasilitator dan murid
sangat esensial sekali karena melakukan tanya jawab diantara mereka..
3.
Metode
Pengulangan (Tariqah al Mulazamah), Dalam metode ini membaca
berulang-ulang merupakan prinsip utama dalam pengajaran bahasakarena sangat
mendukung untuk meningkatkan kemahiran lisan dan kemahiran membaca.
4.
Metode
Perbandingan (al Qiyasiyah), Dalam metode ini seorang
pendidik/fasilitator menerangkan
pelajaran secara global sebelum menjelaskannya secara terperinci. Metode ini
sangat cocok dalam pembelajaran tata bahasa ( Nahwu ) karena
pendidik/fasilitator memberikan
contoh-contoh secara global terdahulu, setalah murid mengerti dan paham maka
pendidik/fasilitator memberikan
contoh-contoh lain yang berhubungan dengan judul materi tersebut.
5.
Metode
Induktif
Metode
ini menuntut seorang murid untuk bisa membuat kesimpulan dan ringkasan dari
suatu pelajaran. Jadi, setelah pendidik/fasilitator menjelaskan pelajaran yang diajarkan maka
murid meringkas dan megambil inti sari dari apa yang telah disampaikan oleh
pendidik/fasilitator .[6]
Metode
pembelajaran bahasa arab secara umum dalam lingkup bahasa arab dibagi menjadi
2, yaitu :
1.
Metode
Tradisional
a.
Metode
Qawa’id dan Tarjamah (Tariqatul al-Qawa’id wa Tarjamah)
b.
Metode
Langsung (Al-Thariqatu Al-Mubasyarah)
2.
Metode
Modern
*
Metode yang lazim di gunakan dalam pengajarannya adalah metode langsung
(Thariqah al-mubasyarah).[7]
Penerapan
metode ini lebih jika cocok Tujuan pengajaran bahasa Arab adalah sebagai
kebudayaan, yaitu untuk mengetahui yang tinggi dan Nilai Sastra untuk memiliki
kemampuan yang kognitif terlatih Dalam menghafal teks – teks.[8]
Metode
pembelajaran bahasa arab dalam lingkup pembelajaran bahasa pada umumnya adalah sebagai berikut :
1.
Direct
Method artinya langsung, Direct Method
yaitu suatu metode pengajaran bahasa bahasa Asing dimana guru langsung
menggunakan bahasa Asing tersebut sebagai bahasa pengantar, dan tanpa
menggunakan bahasa anak didik sedikitipun dalam mengajar.
2.
Natural
Method, disebut demikian karena dalam
metode pengajaran bahasa ini, anak didik dibawa ke alam seperti halnya
pelajaran ibu sendiri.
3.
Psychological
Method (metode berdasarkan kejiwaan)
4.
Phonetic
Method (mendengarkan dan mengucapkan)
5.
Reading
Method (metode membaca)
6.
Grammar
Method (metode gramatika)
7.
Translation
Method (metode penerjemahan)
8.
Grammar-Translation
Method, Metode pengajaran bahasa ini adalah
gabungan antara metode gramatika dengan metode tarjamah
9.
Eclectic
Method (metode campuran)
10.
Mim-Mem
Method, Mim adalah singkatan mimicry atau
meniru dan mem adalah memorization atau menghafal (mengingat)
11.
Cognate
Method Cognate artinya
kata-kata yang sama asalnya.
12.
Dual-Languange
Method, Metode ini adalah kelanjutan dari
Cognate Method, bukan saja menginventarisasi kata-kata yang sama atau arti yang
sama[9]
E.
Contoh
hasil penelitian metode pembelajaran bahasa arab di pondok Gontor
Pondok Modern Gontor dikenal luas sebagai lembaga pendidikan
perintis dalam pembaruan metode pengajaran bahasa Arab di Indonesia.
Menggunakan beragam pendekatan baru yang pernah diuji cobakan oleh Mahmud Yunus, Pondok Modern Gontor
melakukan upaya pembaruan dengan menggunakan Direct Method, memperbarui
silabus pendidikan, mempraktikkan teori-teori pengajaran baru, dan menyediakan
alat bantu pengajaran. Penelitian ini mengkaji praktik pengajaran bahasa Arab
di Pondok Modern Gontor dan bertujuan untuk memperlihatkan sampai di mana
tingkat kesesuaian metode yang digunakannya dengan prinsip-prinsip dalam metode
pengajaran bahasa Arab untuk orang asing.Penelitian ini merupkan penelitian
deskriptif.
Data utama yang digunakan dalam penelitian adalah beragam dokumen
yang berkaitan dengan metode pengajaran bahasa Arab yang digunakan di Pondok
Modern Gontor dan data-data lain tentang pengajaran bahasa Arab untuk orang
asing. Sedangkan metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi langsung
dengan cara mengamati praktik pengajaran bahasa Arab di Pondok Modern Gontor. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa dalam praktik pengajaran bahasa Arab, selain
menggunakan
teori-teori baru pendidikan, Pondok Modern Gontor pun menggunakan Direct
Method. Dalam mempraktikkan Direct Method tersebut Pondok Modern
Gontor tidak mengaplikasikannya secara rigid. Beberapa prinsip Direct Method
diabaikan dalam praktik pengajaran bahasa Arab. Hanya saja, karena telah
dikontekstualisasikan dengan pelbagai kebutuhan pembelajaran, pengabaian
atasbeberapa prinsip
Direct Method itu sama
sekali tidak mengakibatkan kegagalan Pondok Modern Gontor dalam pengajaran
bahasa Arab.[10]
F.
Dasar
dalam Al Qur’an tentang pembelajaran bahasa arab
الَّذِينَ يَذْكُرُونَ اللّهَ قِيَاماً وَقُعُوداً وَعَلَىَ
جُنُوبِهِمْ وَيَتَفَكَّرُونَ فِي -خَلْقِ
السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضِ رَبَّنَا مَا خَلَقْتَ هَذا
بَاطِلاً سُبْحَانَكَ فَقِنَا عَذَابَ النَّار
Artinya : Sesungguhnya dalam penciptaan langit
dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi
orang-orang yang berakal, (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil
berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring dan mereka memikirkan tentang
penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): "Ya Tuhan kami, tiadalah
Engkau menciptakan Ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, Maka peliharalah kami
dari siksa neraka.(Ali-Imran :190-191).
[1] Lihat :
http://sholehblog.blogspot.com/2012/12/makalah-metodologi-pengajaran-bahasa.html(2juni2013)
[2] Lihat :
http://arabicforall.or.id/metode/studi-prinsip-dasar-metode-pengajaran-bahasa-arab/(2juli2013)
[3] Lihat :
http://ahmadazhar.wordpress.com/2009/08/27/pengajaran-bahasa-arab/(2juni2013)
[4] Lihat :
http://www.pbauinsgd.com/2013/03/prinsip-prinsip-strategis-pembelajaran.html(2juni2013)
[5] Lihat :
http://mahmud09-kumpulanmakalah.blogspot.com/2012/09/metode-pembelajaran-bahasa-arab.html(2juni2013)
[6] Lihat :
http://pusdiklatteknis.kemenag.go.id/artikel/details/pembelajaran-bahasa-arab(2juni2013)
[7] Lihat :
http://d-scene.blogspot.com/2012/02/prinsip-dasar-metode-pengajaran-bahasa.html(2juni2013)
[8] Lihat :
http://dipaku2010.wordpress.com/2011/01/04/studi-metodi-pengajaran-prinsip-dasar-bahasa-arab/(2juni2013)
[9] Lihat :
http://www.referensimakalah.com/2012/09/metode-pengajaran-bahasa-asing.html(2juni2013)
[10] Lihat :
http://lib.uin-malang.ac.id/?mod=th_detail&id=06930007(2juni2013)
Assalamu'alaikum, Afwan...
BalasHapusAyat yang di bagian F . (Ali-Imran :190-191) terbalik-balik...tolong di edit kembali, :)
SYukraaaaan